0321 876771 Ext. 114

Dekan Ilmu Komputer IPB Acungi Jempol Skripsi Mahasiswa SI Unipdu

By: Admin | Posted on: 2014-07-24 | Kunjungan : 694


     

Foto by : Edy/Darmadji

 

Jombang – Skripsi merupakan tugas akhir setiap mahasiswa jenjang sarjana berupa karya tulis ilmiah sesuai dengan bidang keilmuan yang sedang ditempuhnya. Skripsi juga sebagai pembuktian kompetensi calon lulusan sebuah program studi di perguruan tinggi, sehingga kualitas skripsi merupakan cerminan kualitas lulusan yang dihasilkan, lebih jauh kualitas skripsi juga menjadi tolok ukur kualitas sebuah perguruan tinggi.

 

Upaya perbaikan sistem tata laksana skripsi yang dilakukan oleh Program Studi (Prodi) Sistem Informasi Fakultas Teknik Unipdu rupanya mulai membuahkan hasil, terbukti saat dilaksanakannya penilaian akreditasi oleh BAN-PT salah satu hal yang diacungi jempol adalah adanya Laboratorium Riset Teknologi Informasi (Lab RISTI) dan kualitas skripsi mahasiswa yang variatif dan mutakhir. Asesor BAN-PT yang juga Dekan di Departemen Ilmu Komputer IPB Dr. Sri Nurdiati, M.Sc mengatakan bahwa keberadaan Lab RISTI sangat penting sebagai pusat kegiatan penelitian dosen dan mahasiswa, pihaknya mengakui  skripsi yang ditulis mahasiswa Prodi Sistem Informasi Unipdu sudah bagus, baik secara tata tulis maupun muatan keilmuan yang dijadikan topik. Dr Sri menambahkan bahwa di Lab RISTI FT Unipdu sudah terdapat sumber-sumber belajar penelitian yang cukup namun perlu ditambah dengan koleksi jurnal ilmiah yang banyak.

 

Kepala Lab RISTI FT Unipdu, Diema Hernyka Styareni, M.Kom mengatakan bahwa tujuan didirikannya lab riset salah satunya adalah untuk mengatur, mengontrol dan memfasilitasi tata laksana skripsi mahasiswa, “ruang baca dan fasilitas akses internet baik wi-fi maupun jaringan PC juga disediakan, yang pasti mahasiswa dibuat nyaman berada disini” pungkasnya.

 

Menurut Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FT Unipdu, Zainal Muttaqin, M.IKom bahwa keberadaan Lab RISTI FT Unipdu ini sejatinya untuk menguatkan fungsi Perpustakaan, mahasiswa yang selama ini cenderung enggan berkunjung dan membaca di perpustakaan diharapkan mau dan betah belajar di Lab RISTI. Hal senada juga diungkapkan Dr. Eri Prasetyo Wibowo, MM Asesor BAN-PT dari Univ Gunadarma bahwa ruang baca dan akses internet yang baik saat ini menjadi daya ungkit kompetensi mahasiswa. (DA)