0321 876771 Ext. 114

Fakultas Teknik Bekali Mahasiswa dengan Pendidikan Anti Korupsi

By: Admin | Posted on: 2014-09-11 | Kunjungan : 468

Pendidikan Anti Korupsi

Jombang - Prodi Sistem Informasi Fakultas Teknik Unipdu Jombang siap untuk menyelenggarakan mata kuliah Pendidikan Anti Korupsi (PAK). Melalui PAK ini Mahasiswa diharapkan dapat berperan sebagai agen perubahan dan motor penggerak gerakan anti korupsi di masyarakat.

Wakil Dekan Bid. Akademik dan Kemahasiswaan, Muh. Masrur, M.Kom menegaskan pentingnya Pendidikan Anti Korupsi, sebab permasalahan korupsi di Indonesia sudah masuk kategori "kronis" dan menimbulkan skeptisime untuk semua kalangan, termasuk mahasiswa. “Matakuliah PAK ini sudah ada payung hukumnya bahkan dikti sudah mendesain bahan ajarnya” ungkap beliau yang juga tercatat sebagai magister lulusan Universitas Diponegoro Semarang.

Senada dengan Wakil Dekan Bid Akademik, Ketua Prodi Sistem Informasi, Ivan D. Fibrian S.Kom, M.I.Kom juga mengatakan bahwa jajaran prodi siap menyelengarakan Matakuliah ini. “ya, kita sudah sebarkan di Semester Gasal 2014-1 ini dengan beban 2 SKS. dan yang menjadi pengajar adalah akademisi dan yang paham betul dengan birokrasi dan hukum, Jadi kita sudah siap melaksanakan” tegasnya.

Keterlibatan mahasiswa dalam upaya pemberantasan korupsi tentu tidak pada upaya penindakan yang merupakan kewenangan institusi penegak hukum. Peran aktif mahasiswa diharapkan lebih difokuskan pada upaya pencegahan korupsi dengan ikut membangun budaya antikorupsi di masyarakat.

Untuk dapat berperan aktif, mahasiswa perlu dibekali dengan pengetahuan yang cukup tentang seluk beluk korupsi dan pemberantasannya. Yang tidak kalah penting, untuk dapat berperan aktif mahasiswa harus dapat memahami dan menerapkan nilai-nilai antikorupsi dalam kehidupan sehari-hari. (AM)