0321 876771 Ext. 114

Hebat, Rosid Mahasiswa Unipdu menjadi Finalis Kompetisi Apaidemu

By: Admin | Posted on: 2014-12-13 | Kunjungan : 561

Rosid Bersama Mantan Wakil Menteri Pendidikan

Kompetisi adalah sejatinya hidup, dimana ada kemauan disitu ada jalan dan kita tidak akan pernah tau sebelum kita mencobanya, hal tersebut diutarakan Achmat Rosid mahasiswa Sistem Informasi Unipdu Jombang ini yang baru pulang mengikuti "Youth Camp Apaidemu 2014" di Jakarta (7-9 Desember 2014).

Youth Camp Apaidemu 2014 diselenggarakan oleh Pertamax academy , Mulanya ia mendapatkan informasi lomba tersebut ketika ia menghadiri undangan Youth Talk di UGM Yogyakarta. Usai acara tersebut, ia langsung bergegas menuangkan idenya kedalam tulisan dan disubmit di website resminya apaidemu.com. Didalam lomba ini ia mengumpulkan 2 ide yaitu Sistem Informasi Tilang Berbasis WEB dan Pengelolaan Sampah Pasar Berbasis Komunitas di Indonesia. Alhasil idenya tentang pengelolaan sampah itu masuk 250 ide terbaik dari 7.000 lebih ide yang terkumpul pada ajang kompetisi itu, sehingga dari sanalah ia mendapatkan kesempatan ke Jakarta dalam mengikuti Youth Camp dan Malam Apresiasi.

Ide cemerlang para finalis pun meliputi berbagai sektor, mulai dari pengelolaan isu lingkungan, teknologi, kesehatan, seni budaya, pariwisata, ekonomi hingga pendidikan. Hal ini membuktikan betapa kaya Indonesia dengan para pemuda yang inspiratif, yang tampil dengan solusi terpadu dan orisinil untuk negerinya.

Meski ia belum berhasil menjadi juara namun ia sangat bersyukur mendapatkan kesempatan diajang kompetisi bergengsi tersebut. "Ya, Saya Senang dan bangga, bisa mengikuti kegiatan seperti ini" Ujar mahasiswa semester V.

"Disana selama 3 hari saya mendapatkan kesempatan berkumpul dengan orang-orang hebat dan generasi pemuda emas Indonesia, disitulah saya merasakan ide yang diperdebatkan, dikritisi baik oleh dewan juri maupun peserta lain demi membuat Indonesia bangga". imbuh mahasiswa alumnus ponpes Syubbanul Wathon Tegalrejo Magelang

Sekali Dayung dua pulau terlampui

Setelah acara Youth Camp Apaidemu 2014 di Jakartakesempatan dan pengalaman baru menghampiri rosid, Dia mendapatkan undangan Global Peace Foundation Indonesia yang tengah mengadakan rapat kerja musyawarah di gedung Diknas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta. (9 Des 2014).

"Sungguh kesempatan yang luar biasa bagi saya dan tidak menyangka saya bisa menghadiri program kerja musyawarah pendidikan tersebut dari undangan e-mail yang saya terima."

Kegiatan Global Peace Foundation Indonesia di hadiri mantan wakil mentri Pendidikan Prof. Dr. Fasli Jalal, Ph.D dan Dr. Tony Devine sebgai wakil presiden Global Peace Foundation dari Amerika. Acara tersebut juga menghadirkan perwakilan beberapa kepala sekolah di Jakarta.

Repoter : -AR

Editor   : Aliyen