0321 876771 Ext. 114

Heru, Bantu Kinerja Sekolah dengan Aplikasi SIPBOS

By: Admin | Posted on: 2014-08-20 | Kunjungan : 632

Ahmad Heru Mujianto, Mahasiswa Prodi Sistem Informasi Fakultas Teknik Unipdu Jombang merancang dan membuat Sistem Informasi Pelaporan dana BOS

Menyusun laporan dan mempertanggungjawabkan Keuangan Dana BOS (Bantuan Operasional  Sekolah) bukanlah hal yang mudah, Apalagi penyusun tersebut tidak mempunyai kompetensi dalam penyusunan laporan tersebut. Hal inilah yang menjadi melatarbelakangi Ahmad Heru Mujianto, Mahasiswa Prodi Sistem Informasi Fakultas Teknik Unipdu Jombang untuk merancang dan membuat Sistem Informasi Pelaporan dana BOS yang diberina Nama SIPBOS.

 

“Aplikasi ini untuk membantu kinerja sekolah dalam pembuatan pelaporan dana BOS, selain itu memudahkan pihak dinas dalam mengawasi penggunaan dana BOS dia tiap-tiap sekolah karena hasil laporan pada masing-masing sekolah bisa dilihat dan dimonitoring secara langsung. Jika ada laporan yang salah atau tidak sesuai, pihak dinas dapat memberikan catatan secara langsung. Hal ini akan lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan sistem yang berjalan selama ini, yaitu harus datang kekantor dan mengantri koreksian laporan dari pihak dinas” ucap Heru sambil mendemokan aplikasinya.

 

Menurut Heru, sistem yang dirancang mendukung multi level user, dalam sistem ini dibagi mejadi tiga level user. Pertama admin berfungsi sebagai pengelola user seperti membuat user baru, mengubah data user, maupuan menghapus user. Kedua bendahara berfungsi sebagai pengelola pelaporan dana BOS seperti pembuatan Dokumentasi Kegiatan Dan Anggaran Sekolah (DKAS), pencatatan transaksi penggunaan dana BOS, dan pembuatan laporan realisasi dana BOS. Ketiga pengawas berfungsi sebagai pihak yang mengawasi dan memonitoring pelaporan dana BOS dari tiap-tiap sekolah.

 

Sistem yang dibuat adalah sistem informasi yang berbasis web, dengan menggunakan Framework Codeigniter dan MySQL sebagai penyimpanan datanya. Framework Codeigniter dipilih karena jika dibandingkan dengan Framework yang lain seperti Yii dan CakePHP, Codeigniter mudah dipahami struktur pembuatannya karena framework ini menerapkan pengembangan MVC (Model View Controller) sehingga struktur code menjadi lebih terstruktur dan memiliki standart yang jelas. Selain itu framework ini sangat minim kebutuhannya terhadap server (tidak perlu banyak setting/configurasi Apache dan PHP).

 

Perlu diketahui, Mulai beberapa tahun yang lalu, secara periodik pemerintah menggulirkan dana subsidi pendidikan bagi sekolah-sekolah yang disebut  Bantuan Operasional  Sekolah (BOS). Pelaksanaan dana BOS diberikan dan dikelola oleh setiap sekolah dengan diawasi oleh berbagai pihak, baik instansi resmi maupun masyarakat (komite sekolah). Para pelaksana program, khususnya di tingkat sekolah, menjadi sangat berhati-hati dan berusaha untuk mematuhi aturan-aturan program. Disatu sisi, hal ini berdampak positif dan mampu menekan peluang penyelewengan, tetapi di sisi lain juga banyak menimbulkan ketakutan yang berlebihan di kalangan guru, utamanya yang bertugas membukukan penggunaan dana BOS. Guru atau staf tata usaha banyak yang kerepotan untuk memenuhi tuntutan bentuk standar format laporan, Apalagi penyusun tersebut tidak mempunyai kompetensi pendidikan dan keahlian dalam penyusuna laporan tersebut. (aliyen)